Ada apa tentang Malang?

Malang ya? iya kotaku. Malang beragam budaya. Tetapi remaja remaja jaman sekarang lebih mengetahui perkembangan gadget yang canggih dibandingkan budaya kotanya sendiri. Nah disini aku jelasin nih salah satu budaya yang ada di Malang. Sebagai menambah ilmu buat kalian yhaaaa.

malang-1

Topeng Malangan merupakan seni pahat kayu. Menurut beberapa catatan sumber sejarah, Topeng Malangan telah berusia ratusan tahun. Karakter paling kuat yang dimiliki Topeng Malangan adalah dengan adanya berbagai warna yang menghiasi topeng tersebut. Ini yang menjadikan pembeda antara Topeng Malangan dan topeng yang berada di darerah lainya. Terdapat banyak karakter yang dapat dibuat seperti karakter baik, jahat, sedih, dan yang lain. Topeng Malangan biasanya ditampilkan dalam bentuk drama.

i552.photobucket.com_

Selanjutnya ada makanan khas Malang yaitu orem – orem. Mungkin masih benyak yang mengerti makanan apa orem – orem itu, iya kan? Baik ini aku jelaskan sedikit. Orem – orem adalah makanan khas Kota Malang yang terbuat dari tempe. Yaitu berbahan dasar irisan tempe goreng yang dipadukan dengan kuah santan kental. Disajikan dengan ketupat dan tauge diatasnya. Biasanya makanan ini disajikan pada saat acara – acara tertentu, seperti tasyakuran, hajatan, arisan dan yang lainya. Jangan ditanya bagaimana rasanya. Yang pasti sangat lezat. Recommended banget bagi kalian yang mampir ke Kota Malang silahkan mencoba makanan ini.

Siapa yang tidak tahu club sepak bola Arema? Ya, club ini adalah club sepak bola kebanggaan Kota Malang. Club yang dijuluki “Singo Edan” ini didirikan pada tanggal 11 Agustus 1987. Mereka bermain di Stadion Kanjuruhan kabupaten Malang. Sejak hadir di pesepak bola nasional, Arema makin digemari oleh seluruh khalangan. Mulai dari anak – anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia. Kesenangan mereka diwujudkan dengan selalu mendukung tim nya ketika bertanding, baik di kandang sendiri maupun di kandang lawan. Suporter Arema disebut Aremania untuk yang laki – laki, serta Aremanita untuk yang perempuan. Tidak sedikit pula yang mewujudkan simbol arema ini dengan membuat patung singa diberbagai sudut Kota Malang. Salah satunya adalah di depan stasiun Kota Baru Malang. Disana terdapat 2 patung singa yang cukup besar. Biasanya digunakan masyarakat untuk background foto selfie.

Sumber : http://malangan.com/sejarah-topeng-malangan/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s